Mengulik Teknologi VAR Pada Perhelatan Piala Dunia 2018

Perhelatan Piala Dunia 2018 baru saja selesai digelar. Timnas Prancis kembali merengkuh gelar juara dunia keduanya setelah di final mengandaskan Kroasia dengan skor 4-2. Dibalik itu, pertandingan demi pertandingan bola yang sangat menarik bisa dinikmati seluruh masyarakat dunia dengan baik dan tentunya penuh kejutan.

Berbicara mengenai kejutan yang ada pada Piala Dunia 2018, salah satu hal nyang turut menjadi sorotan adalah penggunaan VAR (video assistant referre) yang banyak digunakan di beberapa pertandingan. Teknologi ini memang bukan hal baru dalam dunia sepakbola, namun dalam perhelatan piala dunia, tentu saja teknologi merupakan hal yang inovatif dan baru digunakan pertama kalinya dalam event 4 tahunan ini.

Mengenal Teknologi VAR Dalam Pertandingan Sepakbola

Pertandingan sepakbola semakin hari semakin inovatif saja. Setelah adanya teknologi garis gawang yang banyak dilakukan pada beberapa edisi piala dunia bola yang satu ini, kini teknologi kamera yang menyorot pergerakan pemain juga menjadi salah satu hal inovatif yang banyak menuai pro dan kontra.

Penggunaan teknologi VAR seringkali menjadi salah satu hal yang menguntungkan bahkan merugikan banyak tim. Teknologi ini digunakan untuk menentukan gol, keputusan kartu merah, sanksi pada pemain, hingga keputusan tendangan dari titik putih alias penalti.

Cara Kerja Teknologi VAR Dalam Pertandingan Sepakbola

Prinsip kerja teknologi yang satu ini sebenarnya sangat sederhana. Wasit dalam lapangan akan menghubungi asisten wasit VAR apabila terjadi kemungkinan seperti yang telah disebutkan di atas. Busa juga sebaliknya, ketika sang asisten melihat gelagat yang bisa mengindikasikan adanya keempat hal tersebut. Jika wasit sudah terhubung, maka ia akan melihat video rekaman yang ada di pinggir lapangan dan memutuskan kelanjutan yang akan diambil.

Dengan adanya teknologi ini, diharapkan fair play akan semakin terjaga, begitu pula kondusifitas pertandingan. Selain itu, diharapkan teknologi bisa dipakai di banyak lagi pertandingan bola di seluruh dunia sehingga tujuan tersebut bisa tercapai dengan baik. Nah, apakah kamu mendukung adanya inovasi teknologi yang satu ini?

Related posts: